DuA Bentuk Kekosongan Hati   4 comments

terkadang suasana hati kita sering merasakan ketidaktenangan dalam menginjakkan bumi Allah ene,,ciehhh kayak antu dong. tapi gaklah bukan itu yang dimaksud. ketidaktengan menapak bumi itu lebih mengarah kepada kekosongan jiwa dan raga, baik akan siraman rohani maupun ketidakpuasan. namun yang terjadi adalah sering kali kita tidak menyadari bahwasanya hati kita sedang kosong. hanya segelintir orang saja yang bisa merasakannya dan mengetahui bahwasanya ia dalam keadaan hati yang gundah dan kosong.


ada dua kekosongan dan kebimbangan, menurut hemat saya. yach elah udah kayak nabung aja ne pake hemat2an.. heheh…

  • yang pertama kekosongan dan kebimbangan yang mengarah pada hubbuddunya,, nah ini yang sering dirasakan kita orang sebagai penduduk bumi. sehingga pabila kita melihat nikmat yang hadir pada orang lain, sedang kita tidak memilikinya. nah yang kayak gini neh yang sering nongkrong di hati kita pada… rasa bahwa kita minder dan tidak sama layaknya mereka. Pada dasarnya kita sama dengan mereka hanya saja mereka terlebih dulu diberi kepercayaan atau amanah untuk mengelola benda dunia tersebut. sehingga muncul ne dalam bahasa dunia ada yang kaya dan ada yang miskin. Neh karena kita lebih memandang keatas dibanding kebawah.. Akibatnya bakal lebih parah ne.. kita merasa bahwa Allah tidaklah adil. Masya Allah lantaran melihat benda dunia yang belum diamanahkan pada kita. (ane gunakan kata belum bukan tidak ne,,karena Allah lebih tau kebutuhan kita2).
  • yang kedua adalah kekosongan dan kebimbangan lantaran kurangnnya di dalam hati kita Mahabbah kepada Allah, sehingga kita merasa berjalan layaknya zombie,,, jiahhhhh…

nah bila kita udah merasakan bahwa didalam hati kita kosong dan tiba2 kita merasa senang mendengar atau kepengen bener dekat dengan Allah (taqorrub illallah), cepet cepet dah kita mendekat, karena insya Allah ini adalah hidayah yang Allah berikan. Kekosongan tersebut banyak macemnya, ada yang merasa selalu mau marah, gundah, gusar atau malah merasa bingung jalan kayak maju mundur kagak keruan,,, nah tatkala kita ingat atau dzikrullah, maka hadir rasa legah dalam hati setelahnya, ato gak kita justru memutuskan hendak sholat aja ne. teruss kita merasa legaan atau tentram setelahnya. Nah inilah artinya kita dalam keadaan kosong atau haus akan Taqorrub ilallah. kita merasa senang melakukan ibadah, sehingga hilanglah rasa gundah dan kekosongan batin kita. tapi jangan heran setelahnya akan hadir kembali yang justru berakibat kita malah lebih giat untuk menuntutnya…Artinya kita merasa haus dan selalu merasa dahaga akan kasih sayang Allah, selalu merasa haus akan meraih ridho dan Cinta Allah. Insya Allah inilah kekosongan yang harus kita isi.. Maafi Qolbi Illallah……penuhi hati dengan mahabbah ilallah.

Jadi janganlah heran kalo kita meminta kepada Allah sekuntum bunga yang cantik, ehhh ternyata Allah beri kita kaktus. Atau pabila kita meminta pada Allah seekor burung yang cantik, ternyata Allah beri kita seekor ulat bulu…sehingga kita berpikir bahwa Allah itu tidaklah adil… Weitzzz jauhkan ne sifat, kekosongan batin ini bisa diisi oleh syaitan,, segera taawudz mohon lindungan Allah dari sifat tersebut. kita harus sadari bahwa Allah tidaklah memberi apa yang kita minta. Tapi Allah memberikan apa yang kita butuhkan.
Balik lagi ne pada cerita tadi,, eh ternyata tuh kaktus berbunga cantik….dan ulat tadi berubah jadi kupu-kupu cantik…. nah,,pa gue bilang,, Allah maha Tau, apa yang kita butuhkan. dan apa yang baik buat kita.

My Writing in : “Al-Qudsul Al-Abha” (Kesucian yang sangat Indah) . rahmad salim.2011

4 responses to “DuA Bentuk Kekosongan Hati

Subscribe to comments with RSS.

  1. nice post bro.. sukses selalu dan salam kenal

  2. Terima kasih untuk nasihatnya, amat sangat berguna.

    saran saya coba kurangi kata-kata seperti: ‘yach elah’, ‘jiahhhhh’ sebab mengurangi tingkat keseriusan daripada tulisan ini.

    • thanks bnget support dan sarannya….buat kedepan.
      jujur motif pertama nulis sih,, biar lebih mengena ke remaja agar mereka gak terlalu bosen bacanya… so far thanks a lot for suggesting..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: