sebuah mimpi dalam mimpi   3 comments

Malam itu tepatnya malam tanggal 2 Muharram 1432 H, satu malam setelah tahun baru hijriah. nampaknya tubuhku terasa lesu, capek seharian bekerja, sehinggai ba’da isya aku tertidur lebih awal. biasanya sih tidur jam 10 ato jam 11an gitu., karena capeknya tidur pulas dah malam itu..
Yang menarik adalah ternyata ane mimpi tuh malem, dimana dalam mimpi itu ane ceritanya bercengkrama dengan almarhumah nenek ane neh… dalam mimpi itu ane tau kalo nyai (nenek) ane udah almarhum, tapi ane merasa dia itu hidup tapi ane tau dia udah ninggal. dia kasih pesan dalam mimpi tersebut, dengan dua kalimat yang membingunkan pada saat itu tapi sangat bermakna setelah bangunnya.
apa yang ia katakan sampai terngiang2 dalam ingatan ane baik di dalam mimpi itu hingga bangun keesokannya.
dalam mimpi ane bermimpi ne, beliau memberi pesan dengan kalimat ” hidup itu mati dan mati itulah hidup”.. sempat bingung sih dalam mimpi. lalu ane bangun ne ceritanya dalam mimpi, eh ternyata masih dalam mimpi…jadi mimpi dalam mimpi neh…hehheh
setelah ane bangun dari mimpi di dalam mimpi itu disana ane liat nenek ane diam aja gak bicara apa2 tapi pada hakekatnya  ane ngerti apa maksud omongan dan maksud hatinya… kata orang sih memang begitu klo mimpiin orang ninggal, mereka gak bicara tapi kita tau ne maksud mereka…
nah, setelah ane sadari ternyata tuh kalimat kayak yang diajari dalam ilmu ma’rifat, yaitu tingkat tertinggi dalam level setelah syariat dan hakikot.. artinya kita tidak terlena dengan dunia dan tidak sampai hubbuddunya…para kaum sufi tidak menghiraukan dunia karena bagi mereka itu adalah fana, dan hanya sandiwara. sedangkan akhirat (setelah kematian) itulah hakikat hidup sebenarnya…meletakkan dunia dalam telapak tangan bukan di hati. karena setelah kematian adalah penentu apakah kita akan hidup abadi dengan penuh kebaikan atau malah sebaliknya. itulah hakikat hidup yang sebenarnya. Surga atau neraka. Golongan kanan atau Golongan kiri.
subhanallah, sebuah pesan dalam mimpi ternyata membuat ane tersibak sadar bahwa langkah ane sudah agak jauh dari agama, walo sering ingat dan lupa. Alhamdulillah Allah masih memberi hamba tegurannya. Insya Allah ane akan ingat selalu nasehat itu…..jangan terlena dengan semua yang ada didunia karena semua itu adalah perhiasan, karena hidup yang real adalah kematian…wallahua’lam

My writing in : “Kibritul Ahmar” (Ibarat Berlian Merah). rahmad salim.2011

3 responses to “sebuah mimpi dalam mimpi

Subscribe to comments with RSS.

  1. Mirip seperti cerita saya wktu itu mas.,
    tapi saya kemarin pas di malam tahun baru 2010.,

    tetep semangat aja mas buat kita semua

    Sering2 Posting ginian ya….!
    ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: