Kalau Shalat Jum’at Ketinggalan Satu Raka’at   Leave a comment

kalau kita jama’ah sholat jum’at terus ketinggalan satu rakaat, Apa kita harus menambah satu rakaat lagi atau tidak? Pertanyaan sama kalau kita tertinggal rakaat pada waktu shalat tarawih.

Bila anda tertinggal satu rakaat dalam shalat jum’at, maka anda wajib menyelesaikan lagi satu rakaat bila imam sudah salam. Sebab anda tetap terhitung melakukan shalat Jum’at selama anda bisa ikut shalat sebelum imam bangun dari ruku’ pada rakaat kedua.

Sebaliknya, kalau anda baru bergabung shalat ketika imam shalat Jum’at sudah bangun dari ruku pada rakaat kedua, maka anda tidak dianggap sudah ikut shalat Jum’at. Maka yang harus anda lakukan adalah tetap ikut gabung dengan jamaah shalat Jum’at, tapi begitu imam salam, anda bangun lagi untuk shalat zhuhur yang jumlah rakaatnya 4 kali. Jadi anda shalat zhuhur bukan shalat Jum’at namun tetap harus ikut gabung dulu di awalnya dengan jamaah dan imam shalat Jum’at.

Ketentuan ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW: Dari Abi Hurairah ra. Bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mendapatkan satu rakaat bersama imam, maka dia terhitung (mendapat) shalat itu”. (Hadits Muttafaq Alaihi: Bukhari no. 580, Muslim 607).

Dari Abdullah bin Umar ra. Bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mendapatkan satu rakaat pada shalat Jum’at atau shalat lainnya, maka dia terhitung (mendapat) shalat itu.”

Selain kedua dalil ini adalah beberapa hadits lain yang senada yang diriwayatkan oleh An-Nasai, Ad-Daruquhtuni dan lainnya.

Shalat Jum’at adalah ibadah yang fardhu dan diwajibkan di dalam Al-Qur’an Al-Kariem. Dan meninggalkan shalat Jum’at karena lalai adalah berdosa serta akan dikunci-mati hatinya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

Dari Abu Ja’d Ad-Dlamri ra bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Orang yang meninggalkan sholat Jum’at karena menganggap sepele ibadah tersebut, maka Allah akan mengunci hati mereka.” (HR Abu Daud No. 1023, Tirmidzi No. 500, Nasa’i 3/88 dan Ibnu Majah No. 1125. Hadis ini dihasankan oleh Al-Bani dalam kitab Shohih sunan Abu Daud 1/196)

Riwayat tersebut dikuatkan oleh hadis yang diriwayatkan dari dua orang sahabat, Abu Hurairoh dan Ibnu Umar RA, bahwa keduanya mendengar Rasulullah SAW bersabda di atas minbar, “Hendaklah orang-orang berhenti dari meninggalkan sholat Jum’at atau Allah pasti akan mengunci hati-hati mereka kemudian mereka pasti akan menjadi orang-orang yang lalai.” (HR Muslim 1/591).

Posted March 23, 2011 by a'im in Islam

Tagged with , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: