PEREMPUAN MUTIARA   Leave a comment

Bissmillahirrohmanirrohim

Buat ukhti-ukhtiku semoga selalu istiqomah, qonaah & tawaddhu..:)

Wassalam

_______________________________________________________________________________


Ibu, dulu pernah bilang padaku, ” Jadilah perempuan seindah mutiara yang selalu dipelihara baik-baik oleh pemiliknya karena mutiara adalah barang yang tak ternilai harganya “.

Mutiara sedap dipandang mata, meski mutiara berlumur lumpur yang kotor,mutiara tetap bersinar.

Ibu juga pernah bilang ,perumpamaan perempuan dengan mutiara yang indah ,bukanlah dengan memperindah kecantikan wajah,dengan mepertebal make-up di wajah, dengan mengubah bentuk bentuk yang telah ditetapkan Alloh,dengan juga mengumbar rambut yang elok.

Ibu bilang bahwa perempuan yang diperumpamakan dengan mutiara yang bersinar adalahPerempuan yang selalu memberikan kebaikannya pada orang yang membutuhkan. Perempuan yang selalu menebar kasih dan maaf pada sesama. Juga perempuan yang selalu ridho dengan ketetapan yang diberikan oleh Alloh .

Bu.., waktu itu Lia bingung, dengan apa yang ibu maksud dari perempuan yang ridha dengan keputusan atau ketetapan yang diberikan oleh Alloh.

Ibu bilang , saat ini banyak sekali larangan-larangan Alloh yang disepelekan dengan santainya oleh kebanyakan manusia . Mengingat itu, ibu mengeluarkan dua cairan bening dari mata indah ibu. Lia masih diam dan ingin mendengar lagi penjelasan ibu. Perempuan yang ridha dengan perintah Allah adalah yang ikhlas melaksanakan perintah Allah meski perintahnya itu bertentangan dengan apa yang terjadi pada zaman sekarang ini..

Contohnya , banyak sekali yang dengan seenaknya mengumbar aurat mereka, memperlihatkan lekuk tubuh indah mereka dan menyangka dengan berbuat seperti itu akan bahagia menempuh hidup. Dan mereka akan cepat mendapat jodoh.

Mereka salah ,itu kata ibu waktu itu. Mereka hanya diperbudak oleh nafsu.

Perempuan mutiara adalah perempuan yang dengan ikhlas menggunakan pakaian yang sesuai dengan syariat Islam. Pakaian yang longgar , tidak tipis dan menutup aurat. Meski orang mengolok-olok sebagai orang yang kuno ,tidak mengikuti zaman dan lain-lain ,perempuan mutiara tetap bersinar.

Pakaian hanyalah salah satu dari sedemikian contoh yang ada.

Ibu ,bagaimana perempuan yang berpakain tertutup bisa mendapat jodoh ? Lia berpendapat ,seolah-olah tidak mempunyai rasa percaya diri, hingga menutup diri.

Waktu itu ibu tertawa dan berkata , justru orang-orang yang tidak menutup aurat itulah orang-orang yang tidak punya rasa percaya diri, mereka takut tidak mendapat jodoh. Sedang perempuan mutiara akan selalu tenang & yakin bahwa urusan jodoh , Allah-lah yang Maha Tahu.

Ibu menunjukkan salah satu ayat-Nya dalam Al-Qur’an . Bahwa perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik pula. Jadi perempuan mutiara akan selalu menata dirinya. Berkaca pada kesalahan-kesalahan masa lalu dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi.

Ibu juga membacakan sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra bahwa perempuan dinikahi karena empat hal, yaitu karena harta ,nasab/keturunan, kecantikan ,dan agamanya ,maka lelaki yang memilih karena mengutamakan agamanya ,maka ia akan beruntung.

Bu, begitu indahnya aturan Islam . Islam mengatur segalanya termasuk perempuan dan Islam juga begitu menjaga kehormatan perempuan.

Yang ibu ceritakan adalah sebagian kecil dari keindahan perempuan yang disebut sebagai mutiara.

Bahkan ,Nabi Muhammad saw dalam hadist sahihnya bahwa Dunia dalah perhiasan ,dan sebaik-baik perhiasan adalah perempuan yang shalihah.

Ketika ada seorang ikhwan yang datang kepada Lia .Meminta kesediaan Lia untuk menemani hidupnya.

Ibu bertanya kepadanya ,apa alasannya memilih Lia menjadi pendampingnya. Dan mengapa tidak memilih perempuan lain yang mungkin memiliki kelebihan fisik dari Lia.

Ikhwan itu menjelaskan bahwa perempuan yang cantik fisiknya itu banyak. Karena Allah memang menciptakan perempuan sebagai makhluk yang cantik dipandang lelaki. Tetapi kecantikan fisik akan berkurang dimakan usia yang semakin bertambah. Perempuan yang cantik dari segi hatinya ,tak akan berkurang selamanya. Akan selalu bersinar hatinya. Itulah alasannya mengapa dia memilih Lia.Lia hanya diam dan tak berkata apa-apa dan ibu bersedia menerimanya , insya alloh ,dia akan menyelamatkan Lia dunia akhirat .

Ibu bilang ,buah dari perempuan shalihah didunia adalah mendapat suami shalih yang dijadikannya sebagai puncak kebahagiaannya didunia.Lia harus banyak bersyukur kepadaNya atas segala kenikmatan yang diterima,atas seorang suami yang sholih. Lia hanya seorang hamba yang lemah,yang insya alloh selalu berusaha meniti jalan menuju keridhoan Ilahi . Lia selalu berdoa untuk itu.

Lia menatap perkuburan yang sepi itu. Tinggal dia dan suaminya yang ada disampingnya . Mereka menatap gundukan tanah merah yang masih basah itu. Ya.. ibu telah meninggalkan mereka tepat satu tahun setelah pernikahan mereka.

Namun nasehat –nasehat ibu akan selalu terpatri didada mereka.

Ibu , kami akan akan selalu berdoa untukmu ,ibuku yang tercinta , selamanya.

Rabbigh firlii waliwalidayya warhamhumma kamma rabbayani saghiraa.

 

Akhirul kalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: