Kalah Di Pengadilan, Samsung Harus Bayar USD 1 Miliar Ke Apple   Leave a comment

 

Perang paten antara Apple dan Samsung yang telah berlangsung sejak lama dan berlarut-larut ini akhirnya dimenangkan oleh Apple. Samsung sebagai pihak yang kalah harus membayar denda sebesar USD 1,05 miliar.

Pertarungan paten antara Apple dan Samsung akhirnya berakhir dengan kekalahan Samsung, namun  tampaknya Samsung tidak tinggal diam dana menerima keputusan tersebut begitu saja, Samsung dikabarkan akan mengajukan banding.

Sembilan orang juri memerlukan waktu hingga 3 hari untuk menganalisis bukti yang kompleks pada tujuh klaim pelanggaran paten Apple dan akhirnya memutuskan bahwa Samsung dinyatakan menyalin desain iPhone dan iPad.

Tak hanya di Amerika, Samsung dan Apple juga terlibat perang paten di beberapa negara seperti Inggis, Australia dan kandang Samsung, Korea Selatan. Di kandang Samsung, pengadilan memutuskan untuk menghentikan penjualan 10 produk Samsung dan 4 produk Apple.

Amerika Serikat adalah arena pertarungan paten paling seru bagi Samsung dan Apple yang akhirnya dimengangkan oleh Apple. Samsung harus menelan kekalahan dan harus membayar dengan sebesar USD $1,05 miliar.

Steve Jobs pernah bersumpah untuk menyerang platform Android dan mengklaim bahwa Android adalah copycat iPhone dan iPad dan menyiapkan paten sebagai senjata utamanya. Kini Apple telah memenangkan pertempuran.

Apple yang kini dinobatkan sebagai perusahaan terkaya ini nilai sahamnya terus melesat setelah memenangkan pertarungan paten dengan Samsung.

Uniknya, meski Apple begitu keras menyerang Samsung, namun sebagaian besar komponen yang digunakan untuk membangun iPhone dan iPad seperti layar dan chip prosesor dibuat oleh Samsung.

Seperti yang dilansir dari LegitReview (24/08/2012), Apple boleh saja bergembira dengan kemenangan yang diraih, namun Samsung masih mengatakan bahwa pertempuran belum berakhir karena Samsung akan mengajukan banding.

 

 

Posted August 29, 2012 by a'im in Khasanah Informasi

Tagged with , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: